Tips Mencari Pekerjaan dengan Sosial Media

Saat ini, media sosial tak lagi digunakan hanya untuk berhubungan dengan teman saja. Kini media sosial telah memiliki berbagai fungsi. Seperti halnya mencari pekerjaan. Melalui media sosial, kini anda bisa mencari pekerjaan dengan melihat akun-akun yang memberikan info tentang lowongan pekerjaan.

melamar kerja dengan sosial media

5 Tips Mencari Pekerjaan Menggunakan Media Sosial

  1. Gunakan akun media sosial anda sebagai tempat personal branding

Ketika anda mendaftar di sebuah pekerjaan, anda diminta untuk mencantumkan akun sosial media anda di curriculum vitae (CV). Hal ini digunakan oleh bagian HRD perusahaan tersebut untuk melihat kepribadian kita melalui akun media sosial kita.

Maka dari itu, sebelum mendaftar ke perusahaan, alangkah baiknya anda mulai mengubah konten maupun aktivitas media sosial anda menuju hal-hal yang positif. Misalnya mengunggah kegiatan yang produktif ataupun konten yang dapat mencirikan anda sebagai pribadi yang baik dan menarik.

  1. Perhatikan nama akun media sosial dan email yang anda cantumkan di CV

Mungkin hal ini merupakan hal yang sepele namun seringkali hal ini dapat menyulitkan anda ketika mendaftar ke sebuah perusahaan. Hindari menggunakan email atau surat elektronik (surel) yang menunjukkan bahwa anda merupakan pribadi yang narsis.

Misalkan seperti penggunaan kata sifat cantik, tampan, caem, imut, dan lain sebagainya. Hal ini dapat memberikan kesan narsis pada diri anda. Hal tersebut dapat memengaruhi penilaian bagian HRD perusahaan kepada anda.

Mungkin lebih baik lagi jika anda menggunakan nama asli anda saja dalam membuat akun media sosial atau surat elektronik. Sehingga dapat menimbulkan kesan profesional dalam diri anda. Penggunaan kata sifat yang memuji diri sendiri, dapat menimbulkan kesan bahwa anda narsis dan tidak profesional.

  1. Ikuti akun yang menyediakan tentang info lowongan kerja

Sebagai kaum milenial, kini sudah bukan masanya anda mencari pekerjaan melalui kolom koran ataupun papan pengumuman. Kini anda bisa membuat lini masa anda lebih produktif dengan mengikuti akun-akun yang menyediakan info tentang lowongan pekerjaan.

Dengan mengikuti akun-akun tersebut, anda jadi bisa tahu perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Sehingga, anda bisa mendaftar dan menseleksi sendiri perusahaan yang ingin anda masuki dan tidak ketinggalan informasi.

  1. Ciptakan portofolio yang menarik

Selain harus melampirkan curriculum vitae, anda juga biasanya akan di minta untuk melampirkan portofolio sesuai dengan bidang yang anda inginkan. Maka dari itu, buat portofolio anda semenarik mungkin.

Akan lebih baik lagi jika portofolio anda dibuat menarik dan di desain sesuai dengan kepribadian anda. Sehingga anda dapat memberikan kesan sebagai pribadi yang kreatif dan dinamis melalui portofolio anda.

  1. Menjaga sikap di media sosial

Mulai dari sekarang, hindari untuk berkomentar kotor maupun mengunggah konten yang negatif di akun media sosial yang anda cantumkan di curriculum vitae. Mengapa? Karena hal tersebut saat ini merupakan hal yang berbahaya.

Terkadang bagian dari HRD perusahaan akan melakukan stalking ke akun anda untuk melihat kepribadian anda melalui akun media sosial anda. Maka dari itu, bersikaplah sebagai pribadi yang sopan dan positif di media sosial.

Selain sebagai daring, media sosial dapat membantu sekali ketika anda mencari pekerjaan. Maka dari itu, tips di atas bisa membuat kesempatan anda semakin lebar, sehingga memperbesar kemungkinan anda akan di terima di perusahaan yang anda inginkan. Selain itu, jadilah pribadi yang optimis dan tidak mudah menyerah. Semoga anda beruntung!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer