Mengapa Pencari Kerja Harus ada Akun MedSos?

Mungkin banyak diantara kita yang tidak ingin kehidupan pribadinya di bongkar oleh bagian HRD perusahaan. Namun, dalam era yang serba digital ini hal tersebut malah kadang bisa menguntungkan anda. Dengan anda membiarkan akun media sosial anda tercantum dalam curriculum vitae, maka bisa jadi hal tersebut malah memperbesar kemungkinan anda di terima di sebuah perusahaan.

akun media sosial untuk pelamar kerja

 

5 Alasan Pencari Kerja Harus Memiliki Akun Media Sosial

  1. Dapat meningkatkan citra

Seringkali ketika hendak menerima karyawan baru, pihak HRD akan menelusuri akun sosial media anda. Maka dari itu, hal ini dapat menjadi kesempatan besar anda untuk menunjukkan citra anda. Apakah anda seorang pribadi yang mudah bergaul atau pribadi yang menarik.

Bagi beberapa orang, sosial media dianggap sebagai representatif sang pemilik. Sehingga bagian HRD perusahaan biasanya akan menilai anda dari sosial media anda. Seperti apakah pribadi anda di luar dari yang anda ceritakan saat interview. Hal ini dianggap penting karena karakter anda dapat menunjukkan apakah anda menceritakan diri anda secara jujur atau tidak.

  1. Menunjukkan sisi profesionalisme

Sebagai representasi dari anda, sosial media juga dapat menunjukkan sisi profesional anda tanpa diminta. Anda hanya perlu mengatur feeds atau konten sosial media anda. Sehingga hal tersebut dapat menjadi nilai plus bagi anda ketika mendaftar kerja.

Jika anda menggunakan instagram, mungkin anda bisa mengunggah kegiatan ataupun hobi anda. Sehingga dapat memberikan citra bahwa anda merupakan seseorang yang profesional. Namun, anda juga harus menjaga imej supaya tidak terkesan dilebih-lebihkan.

  1. Menunjukkan bahwa anda merupakan pribadi yang aktif

Aktif menggunakan sosial media bukanlah hal yang dianggap buruk bagi HRD sebuah perusahaan. Namun hal tersebut berlaku jika yang anda lakukan merupakan hal positif. Sehingga sebisa mungkin anda bisa menghindari untuk berkomentar negatif atau mengunggah konten sara di media sosial anda.

Selain itu, dengan memiliki banyak teman di sosial media, bisa mencitrakan bahwa anda merupakan pribadi yang aktif dan mudah bergaul. Sehingga dapat dipastikan bahwa anda bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru anda.

pelamar kerja dengan sosial media

  1. Sebagai portofolio

Selain mencitrakan diri, media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menunjukkan portofolio anda. Misalkan saja anda seorang fotografer, maka anda bisa mengunggah hasil foto anda di Instagram. Hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi anda.

Kemudian, jika anda seorang graphic designer, maka anda bisa mengunggah hasil desain anda di instagram maupun pinterest. Sehingga dapat membuat curriculum vitae anda lebih menarik dan menonjol.

  1. Menampilkan Sisi Kreatif Anda

Dengan konten yang anda unggah di media sosial, dapat menunjukkan seperti apa kehidupan keseharian anda. Semakin unik konten anda maka semakin baik pula penilaian untuk anda. Sehingga sebisa mungkin, anda mengunggah konten yang positif agar mendapatkan penilaian yang positif juga.

Saat ini telah lebih dari seperlima penduduk dunia menggunakan sosial media. Maka dengan anda menunjukkan bahwa anda memiliki sisi kreatif akan dianggap sebagai nilai plus.

Dengan lima alasan di atas semoga dapat membuka wawasan anda mengenai pentingnya pencari kerja untuk memiliki akun media sosial. Sehingga anda juga dapat mengontrol aktivitas anda di media sosial. Namun, hal tersebut memang tidak selalu berlaku di semua perusahaan. Setidaknya hal-hal di atas merupakan hal positif yang dapat membantu anda. Tetap semangat dan optimis, semoga anda beruntung dalam mencari pekerjaan!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer