Cara Kirim Lamaran Kerja Via Email

Di era informasi yang demikian pesat belakangan ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga diperlukan adaptasi dari setiap orang bahkan perusahaan untuk bisa mengikutinya, agar bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemudahan dalam pemakaian teknologi tersebut.

Hal tersebut juga berlaku di dalam dunia rekruitmen karyawan, dimana sebuah perusahaan pun semakin banyak memanfaatkan teknologi guna memudahkan proses perekrutan karyawan baru. Salah satunya adalah menggunakan email.

cara mengirimkan lamaran kerja lewat email

Yup, benar sekali, di jaman sebelum era informasi melaju pesat dahulu masih mengandalkan surat yang harus dikirim lewat kurir POS atau JNE, yang mana saat ini sudah bisa tergantikan dengan email sebagai media elektronika yang begitu mudah, cepat dan langsung sampai ke alamat email perusahaan.

Nah, dalam kesempatan ini saya ingin berbagi terkait bagaimana sih cara mengirim lamaran kerja dengan menggunakan email dari laptop ataupun dari HP yang ternyata sangat mudah untuk diikuti.

Anda sebagai pelamar kerja pun sebaiknya segera harus menguasai bagaimana cara untuk mengirimkan via email, sebab semakin kesini perkembangannya lebih ke era digital. Salah satu contohnya adalah bursa lowongan kerja yang dahulu harus menunggu adanya event di waktu tertentu, kini bisa lebih mudah dicari melalui website www.jobstreet.co.id, salah satunya.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Melalui artikel ini saya akan memberikan beberapa tips yang perlu anda tahu supaya ketika mengirim lamaran lewat email baik Hape Android maupun komputer bisa diterima masuk oleh perusahaan.

  1. Siapin dulu dokumen persyaratannya

Hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan dokumen persyaratan lamaran kerja yang dibutuhkan seperti pas foto, ijazah, riwayat hidup maupun KTP. Setiap perusahaan bisa berbeda dalam memberikan syarat dokumen sehingga perlu dicermati dengan seksama.

Selanjutnya buatlah sebuah berkass seperti CV (Curiculum Vita) yang terlihat menarik dengan mencantukan identitas diri anda, riwayat pendidikan, pengalaman selama beorganisasi atau kerja, keterampilan khusus lainnya.

  1. Pakailah alamat email yang benar

Salah satu hal pokok berikutnya adalah menggunakan alamat email yang baik dan profesional, maksudnya disini adalah jagan gunakan alamat email yang tidak formal seperti lisa_cute@gmail.com atau lisamanis@yahoo.com.

Sebaiknya buatlah alamat email seperti lisacahyaningtyas@gmail.com yang menandakan anda meiliki alamat email profesional sesuai dengan nama anda.

Hal tersebut berlaku juga jika anda memiliki akun sosial media, baca juga tips mencari pekerjaan dengan akun sosmed.

  1. Gunakan sesuai standar pengiriman email

Langkah ketiga yang wajib anda ketahui juga adalah menggunakan email untuk mengirim lamaran kerja sesuai dengan standar baku yang ada, yaitu mengisi alamat email perusahaan dengan benar, mengisi judul email sesuai yang ditentukan dan mengisi badan email serta jangan lupa menyertakan lampiran (attachment) syarat kelengkapan pribadi.

Berikut ini 2 contoh langsung mengirimkan email dengan Android dan PC (komputer laptop) yang bisa ditonton sampai habis:

Lewat PC (Laptop)

Lewat HP

Setelah memastikan semua hal tersebut diatas sudah anda lakukan, kini saatnya untuk memeriksa ulang sampai benar-benar yakin bahwa yang dikirim sudah sesuai ketentuan dari perusahaan. Jangan sampai ada satu poin yang ketinggalan sehingga menyebabkan anda harus mengirim ulang sura lamaran kerja lewat email.

Satu tips penting lain yang perlu diingat adalah kirimlah surat lamaran kerja jangan pada jam terakhir dari batas pengiriman. Setidaknya jika anda mengirim di hari terakhir batas, kirimlah disaat jam kerja agar membutktikan profesionalisme anda sebagai pencari kerja.

Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk mendapatkan pekerjaan anda. Salam sukses!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer